Tuesday, October 29, 2019

Ke Manakah Malaysia Lima Tahun Lagi?

KE MANAKAH MALAYSIA LIMA TAHUN LAGI?
(Nota Panjang 22 poin untuk Mereka yang Tabah Membacanya). Jika baca sampai habis , berikan satu like. Huhuhu
.
DULU MAJU SEKARANG BEKU
1. Kita analogikan negeri Malaysia sebagai satu keluarga yang punya sebuah rumah besar. Banyak orang memandang tinggi pada mereka yang tinggal di dalamnya. 
.
2. Sekarang kita sibuk membicarakan antara PM 7, PM 8 dan PM 9. Kita seakan menutup semua pintu dan jendela pada perkara lain. Kita mula merasakan kegelapan, kepengapan, keterbatasan? .
.
3. Mungkin kulit kita menjadi putih tetapi kita menjadi sakit akibat tiadanya paparan sinar matahari dan udara dari luar. Sehari-hari hidup dalam keadaan serba terkungkung di dalam rumah yang serba tertutup, berebut makanan menjadi kebiasaan oleh karena terbatasnya sumber daya. 
.
4. Tinggal lagi hanya ada sedikit ayam, sedikit daging dan sedikit tanaman di tanah sempit sekitar rumah untuk menghidupi setiap anggota keluarga. Karena itu, bertahan hidup menjadi satu-satunya bahasa yang berlaku di rumah itu.
BUKA PINTU SAMBUT PERUBAHAN BERLAKU
5. Lain halnya bila kita membuka pintu dan jendela, bagaimana rasanya? Kita boleh menikmati hangatnya matahari, desir angin yang melingkupi setiap ruangan, atau suara gemericik air dari sungai tidak jauh dari rumah. 
.
Apabila kita membuka pintu rumah kita, ertinya kita siap menyambut perubahan dengan suka cita.
.
6. Datangnya orang lain itu membawa banyak makna. Pada dasarnya, bila kita membuka pintu-pintu dan jendela-jendela rumah kita dengan lebar-lebar, ada harapan besar di luar sana yang mungkin akan membuat kehidupan kita lebih baik. 
7. Kata orang bijak, hidup adalah memilih. Mana yang akan kita pilih untuk masa depan kita, menutup rapat-rapat semua pintu dan jendela rumah kita, atau membukanya lebar-lebar?
.
Kita juga cenderung meluruhkan kemampuan kognitif yang membuat kita memaksakan diri untuk menikmati kehidupan ala televisi jaman dulu, hitam putih saja. Kenapa kita tidak buka minda pada perubahan dunia masa depan yang sedang bergerak pantas ini.
.
8. Manusia masa lalu menemukan sesuatu, manusia masa kini mengembangkan temuan-temuan itu, yang ternyata meletupkan terobosan-terobosan dalam kehidupan. Pada akhirnya, manusia masa kini harus akrab dengan teknologi.
.
9. Dunia kini sedang bergerak menuju masa depan. Dinamika dunia dikhabarkan setiap hari, termasuk perkembangan sains dan teknologi. Seiring perjalanan waktu, manusia juga semakin cerdas.
.
10. Manusia adalah makhluk yang ditakdirkan untuk evolve atau berevolusi dalam hal mindset (pola pikir) dan behavior (cara hidup).
.
Manusia juga semakin mobile (bergerak). Pergerakannya tidak dalam lingkup lokal tetapi juga regional dan global. Di daratan, lautan bahkan di angkasa.
.
TEKNOLOGI 6G
11. Globalisasi membuat kita tahu apa yang sedang menjadi perbincangan hangat di benua Eropah dan Amerika. Informasi teknologi terbaru juga bisa diketahui selang beberapa saat setelah diinformasikan. .
.
Teknologi 5G sudah di ambang pintu dan mungkin akan meluncur tidak lama lagi. Sementara itu, tersiar kabar terbaru bahwa China kini sedang ambil ancang-ancang untuk meneliti teknologi 6G yang pastinya lebih canggih daripada 5G.
.
12. Saat ini kita juga sudah memasuki era Revolusi Industri 4.0 dimana Artificial Intelligence dan Machine Learning sudah mulai diaplikasikan di seluruh dunia. Terlepas dari kekhawatiran akan hilangnya sumber daya manusia, nyatanya banyak perusahaan dan syarikat mempertimbangkan untuk mengarah ke sana.
.
13. Sementara, kita di negara tercinta nampaknya masih berkutat dengan kesibukan-kesibukan yang tidak esensial. Bahkan kita juga nampaknya terbiasa dengan karut-marut perbalahan politik tanpa batas yang tidak membawa kita kemana-mana. 
.
14. Ibaratnya kita bercita-cita tinggi tetapi dalam angan belaka, karena kita memilih untuk pasif atau diam, atau sibuk dengan hal-hal yang tidak relevan tidak tahu bagaimana mewujudkan cita-cita.
.
Sementara manusia di luar sana sudah evolve, sudah memiliki mindset yang sama sekali berbeda dengan masa lalu.
.
15. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan keputusan kita untuk berlama-lama menikmati kehidupan di dalam tempurung bersama katak yang akan melompat dari satu partai ke partai yang lain.
.
VIETNAM, MYAMAR DAN BANGLADESH - JANGAN GELAK
16. Di luar dari negara tercinta, orang-orang sudah meng-upgrade diri begitu pesatnya, pahit rasanya melihat kenyataan bahwa kita secara perlahan sedang men-downgrade diri. Kita seakan berkubang dalam lumpur yang sama, alih-alih menatap lautan luas di tepi kubangan lumpur.
.
17. Kita tidak menyangka kalau Vietnam, yang tidak begitu jauh dari negeri kita, kini mulai berkembang pesat. Begitu pula Myanmar dan Kamboja. Padahal kita tahu bahwa masyarakat ketiga negeri itu pernah hidup dalam tekanan batin selama bertahun-tahun lamanya karena situasi politik yang labil.
.
18. Dari tiga negara itu, Vietnam yang paling menjadi sorotan. Warga di negeri yang punya julukan negeri Mawar itu kini sangat sibuk. Jangan kaget bila ada ada yang meramalkan bahwa dalam 10 tahun mendatang Vietnam akan mampu melintasi kita di Malaysia, Singapura, bahkan bisa menjadi "The Next Mini China"
.
19. Dalam lingkup Asia, kita mungkin akan tercengang dengan Bangladesh yang bergerak mengubah dirinya. Negeri tetangga India itu baru-baru ini diulas oleh The Asset sebagai satu dari tiga negara Asia, bersama Vietnam dan Myanmar, yang akan memiliki masa depan yang cerah.
.
ETHOPIA, BOLIVIA DAN TENTUNYA INDONESIA
20. Di Afrika, negeri Ethiopia dulu kerap diberitakan sebagai negeri yang miskin. Banyak penduduknya mengalami kekeringan dan kelaparan. Konflik politik membuat situasi negeri tersebut pernah runyam. Tetapi Ethiopia mentransformasikan diri menjadi salah satu negara di benua Afrika yang berkembang pesat. Lihatlah ibukota Addis Ababa yang kini menjelma menjadi kota metropolitan megah.
.
21. Di Amerika Selatan, Bolivia nampaknya segera bersiap mentransformasikan diri. Kekayaan garam lithium yang dimiliki negeri itu akan menjadi the next big thing dalam teknologi kendaraan elektrik global yang akan datang tidak lama lagi. National Geographic pernah mengulas secara komprehensif tentang hal ini.
.
22. Kembali lagi ke Indonesia, negera itu dilimpahi kekayaan yang luar biasa. Tidak hanya kekayaan alam atau keragaman hayati, keragaman sosial budaya masyarakat Indonesia juga menjadi kekayaan tersendiri yang tidak banyak dimiliki negara lain.
.
Apabila mereka gunakan sepenuhnya kemampuan kognitif yang mumpuni dan siap meyakini salah satu kunci kehidupan manusia adalah "evolve", mereka dapat berkembang, melompat lebih jauh dari apa yang manusia lain dapat bayangkan.
.
AKHIR KATA.
Kita sedang tertanya tanya - kemanakah Malaysia tercinta 5 tahun dari sekarang? Berhenti lah berbalah. Bersegera lah berubah untuk tampil menyerlah.

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=3038291299530571&id=100000491917020

No comments:

Post a Comment